Petunjuk Pemasangan CDI Motor Honda
Petunjuk Pemasangan CDI Motor Honda - Anda punya motor yang bermasalah dengan pemasangan pengapian yang bersumber dari CDI? Jangan khawatir blog sakacamprung siap memberikan skema dan keterangannya, Motor adalah kendaraan yang siap pakai kemanapun kita akan pergi namun tidak semua motor dalam keadaan fit seratus persen apalagi kalau kondisinya sudah cukup umur, seringkali kita dijengkelkan dengan sistem yang berasal dari pengapian, misalnya dari karburator, plati, busi dan yang paling penting yaitu CDI, CDI adalah salah satu komponen yang paling penting selain dari spul, kalau jaman dulu kita tidak harus memakai CDI tapi cukup dengan plati, karena jaman sudah modern di upgrad / digantilah dengan CDI.
Sedikit keterangan tentang CDI
CDI atau (CAPACITIVE DISCHARGE IGNITION) yaitu suatu komponen atau bagian pada sepeda motor yang berfungsi sebagai otak pengapian pada sepeda motor jenis karburator. Secara garis besar cara kerjanya mengatur letikan api di busi yang akan membakar gas yang sudah di kompresi di dalam ruang bakar, dimana berhubungan dengan RPM atau putaran mesin. Biasanya untuk motor standar pabrikan di setting maximal jumlah letikan apinya.Tanpa CDI ini maka motor Anda tidak akan bisa jalan kecuali jika didorong atau ditarik sendiri. CDI ini kalau jaman dulu dinamakan dengan platina. Biasanya platina digunakan pada motor-motor jadul alias jaman dulu.CDI ini pada dasarnya menggantikan fungsi dari platina pada motor motor jadul alias motor di bawah tahun 90 an. Platina ini menerima masukan informasi dari sensor pengatur waktu pengapian dari mesin secara manual untuk melakukan pembakaran di dalam ruang bakar. Sedangkan CDI bekerja seperti platina tetapi secara elektrik. Diatur oleh komponen-komponen elektronik didalamnya.
Jalur kabel CDI motor honda
Hijau : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Aki
Hitam : (+) Kunci kontak
Putih : (+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning : (+) Arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) Lampu jauh
Abu-abu : (+) Flaser
Biru laut : (+) Sein kanan
Oranye : (+) Sein kiri
Coklat : (+) Lampu kota
Hitam-Merah : (+) Spul CDI
Hitam-Putih : (+) Kunci kontak
Hitam–Kuning : (+) Koil
Biru-Kuning : (+) Pulser CDI
Hijau-Kuning : (+) Lampu rem
Dalam pemasangan Kabel Cdi honda, anda harus telik untuk hasil yang sempurna, karena didalam mesin banyak sekali warna kabel yang hampir sama, jadi berhati-hatilah untuk pemasangannya. Kalaupun salah dalam pemasangan kabel itu tidak bermasalah, namun mungkin pekerjaan anda menjadi dua kali, menjadikan fatal juga tidak, hanya saja perangkat kita tidak bisa hidup. Nah sobatku sedunia itulah sedikit Artikel tentang "Petunjuk Pemasangan CDI Motor Honda". Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Salam [SKP].
Sedikit keterangan tentang CDI
CDI atau (CAPACITIVE DISCHARGE IGNITION) yaitu suatu komponen atau bagian pada sepeda motor yang berfungsi sebagai otak pengapian pada sepeda motor jenis karburator. Secara garis besar cara kerjanya mengatur letikan api di busi yang akan membakar gas yang sudah di kompresi di dalam ruang bakar, dimana berhubungan dengan RPM atau putaran mesin. Biasanya untuk motor standar pabrikan di setting maximal jumlah letikan apinya.Tanpa CDI ini maka motor Anda tidak akan bisa jalan kecuali jika didorong atau ditarik sendiri. CDI ini kalau jaman dulu dinamakan dengan platina. Biasanya platina digunakan pada motor-motor jadul alias jaman dulu.CDI ini pada dasarnya menggantikan fungsi dari platina pada motor motor jadul alias motor di bawah tahun 90 an. Platina ini menerima masukan informasi dari sensor pengatur waktu pengapian dari mesin secara manual untuk melakukan pembakaran di dalam ruang bakar. Sedangkan CDI bekerja seperti platina tetapi secara elektrik. Diatur oleh komponen-komponen elektronik didalamnya.
Nah apabila anda mempunya permasalahan pemasangan CDI, terutama untuk motor anda silahkan anda boleh melihat skema dan warna kabel yang akan anda pasang untuk merangkaikannya. Skema rangkaian CDI ini khusus Untuk Honda.
Skema CDI Motor Honda |
Skema Pemasangan CDI Honda Tiger Dan Mega Pro |
Jalur kabel CDI motor honda
Hijau : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Aki
Hitam : (+) Kunci kontak
Putih : (+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning : (+) Arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) Lampu jauh
Abu-abu : (+) Flaser
Biru laut : (+) Sein kanan
Oranye : (+) Sein kiri
Coklat : (+) Lampu kota
Hitam-Merah : (+) Spul CDI
Hitam-Putih : (+) Kunci kontak
Hitam–Kuning : (+) Koil
Biru-Kuning : (+) Pulser CDI
Hijau-Kuning : (+) Lampu rem
Dalam pemasangan Kabel Cdi honda, anda harus telik untuk hasil yang sempurna, karena didalam mesin banyak sekali warna kabel yang hampir sama, jadi berhati-hatilah untuk pemasangannya. Kalaupun salah dalam pemasangan kabel itu tidak bermasalah, namun mungkin pekerjaan anda menjadi dua kali, menjadikan fatal juga tidak, hanya saja perangkat kita tidak bisa hidup. Nah sobatku sedunia itulah sedikit Artikel tentang "Petunjuk Pemasangan CDI Motor Honda". Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Salam [SKP].