--> Skip to main content

Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Akan Terjadi Di Indonesia Tanggal 9 Maret 2016 Mendatang

Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Akan Terjadi Di Indonesia Tanggal 9 Maret 2016 Mendatang - Gerhana matahari total akan Terjadi di seluruh dunia pada tanggal 9 maret 2016. Gerhana matahari total ini terjadi setiap 33 tahun sekali di negara Indonesia, berarti kita akan mengalaminya kembali pada tahun 2049 mungkinkah kita akan mengalaminya kembali? pekan depan indonesia akan mengalami gerhana ini pada tanggal 9 Maret 2016, gerhana matahari ini akan melintas di 12 provinsi di Indonesia, diantaranya yaitu Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Dengan Terjadinya gerhana ini langit yang tadinya terang benderang akan berubah menjadi gelap seperti hari selepas senja, namun bedanya tidak ada sinar yang kekuning-kuningan memancar di sela-sela awan. Di kota Maba, Halmahera Timur, pemandangan langit tersebut akan bertahan selama lebih dari 3 menit, menurut info yang terpercaya BMKG.

Ilustrasi Gerhana Matahari
Gambar Ilustrasi Gerhana Matahar
Kegelapan pada pagi hari nanti, katanya..Kita bisa melihat benda-benda langit,menurut aplikasi astronomi Stallerium, akan ada empat benda langit yang bisa kita lihat saat terjadi gerhana total nanti.
Menurut berita, untuk moment gerhana matahari nanti PT Pos indonesia telah merencanakan akan mendesain Prangko gerhana matahari dengan mengabadikannya untuk moment penting ini, karena gerhana matahari total hanya terjadi 33 tahun sekali. Bagi wilayah yang tak mengalami Gerhana Matahari total, pemandangan yang bisa dilihat berbeda. Warga kota-kota tersebut akan melihat matahari dalam bentuk sabit.

Doa Dan Niat Sholat Gerhana Matahari

Bacaan latin niat sholat gerhana matahari:

USHOLLI SUNNATAL KUSUUFI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR.

Artinya : Saya berniat shalat gerhana matahari dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allahu Akbar

Sholat Gerhana
Cara melakukan sholat gerhana bulan ataupun sholat gerhana matahari

shalat dua rakaat dengan mengeraskan bacaan –menurut pendapat ulama yang benar-
membaca surat Al-fatihah dan surat yang panjang seperti surat Al-Baqarah atau yang seukuran
Lalu ruku’ dengan ruku’ yang panjang.

Setelah itu mengangkat kepalanya dari ruku dan membaca “Sami’ Allahu liman hamidah rabbana lakal hamdu”
Lalu kembali membaca Al-Fatihah dan surat panjang yang lebih pendek dari surat pertama, seukuran Ali Imran.

Kemudian ruku’ dengan waktu ruku’ lebih pendek dari waktu ruku’ pertama.
Setelah itu angkat kepalanya dari ruku’ dan membaca,
“Sami’ Allahu liman hamidah rabbana lakal hamdu, hamdan katsiran thayyiban mubarakan fiihi, mil’as samaai wa mil’al ardhi. Wa mil’a ma syi’ta min syai’in ba’du”

Lalu sujud dengan dua sujud yang panjang
tidak panjangkan duduk di antara dua sujudnya
Kemudian kerjakan rakaat kedua seperti rakaat pertama dengan dua ruku dan dua sujud yang panjang.
Lalu bertasyahud, dan
Salam

Setelah melakukan sholat gerhana bulan atapun melakukan sholat gerhana matahari dianjurkan membaca doa dan wirid setelah sholat

Ok itulah sedikit inormasi tentang situasi dan kondisi terkini yang akan kita jelang beberapa hari lagi, Kejadian ini adalah penomena alam yang jarang terjadi, untuk itu mari kita berdoa supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, karena segala sesutau itu ada yang ngatur, memonitor hidup kita di alam ini, Baiklah saya kira cukup dulu artikel yang saya saya tulis ini yang mengangkat tema tentang "[Alam] Gerhana Matahari Total Terjadi 9 Maret 2016 Mendatang". Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda semua.Salam [SKP]
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar