--> Skip to main content

Perubahan Membawa Kemenangan

Perubahan Membawa Kemenangan - Perubahan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari hidup dan kehidupan manusia itu sendiri. Meskipun disadari atau tidak, diterima atau tidak, siap atau tidak perubahan itu pasti dan selalu terjadi pada diri manusia. Jika kita perhatikan bahwa hidup adalah sebuah perjalanan panjang yang berisi dengan perubahan. Secara alamiah, setiap mahluk hidup mengalami perubaha., manusia terlahir sebagai bayi mungil yang hanya bisa menangis, kemudian waktu memberikan manusia kesempatan berubah tahap demi tahap sampai pada bentuk sekarang ini. Perubahan identik sebagai sesuatu yang berbeda, berbeda antara sebelum dan sesudah. Perubahan itu bisa ke arah lebih baik dan juga ke arah yang lebih buruk, mendengar kata perubahan, maka asumsi tertuju pada harapan yang diinginkan (hasilnya). Padahal perubahan bukan hanya ada pada hasil, melainkan juga pada prosesnya seperti apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan agar terjadi sebuah perubahan.
Perubahan Membawa Kemenangan
Change

Perubahan umumnya dilandasi oleh kepentingan tertentu sesuai kehendak yang diinginkan. Maksud dari perubahan  pada dasarnya adalah memperbaharui, menciptakan, merumuskan menyelenggarakan atau menguasai sesuatu menjadi lebih baik dari apa yang ada selama ini. Perubahan umumnya tidak kita sadari karena dia berjalan secara bertahap dan perlahan-lahan. Sebagai insan yang beriman, perubahan dapat dimaknai dengan meningkatkan kepatuhan dan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan menjalankan aturan dan ajaran-ajaran agama. Manusia tak bisa membendung laju perubahan mengingat perubahan itu.

Perubahan adalah langkah Awal menuju kesuksesan. Bagi orang yang ingin selalu maju, tak ada istilah berhenti. Karena berhenti berarti mati. Maka tak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan. Kesuksesan adalah milik orang-orang yang mau selalu berubah dan bergerak menuju titik yang lebih baik. Kesuksesan adalah milik orang yang berani gagal, maka berani sukses mesti berani gagal. Karena Allah SWT tak pernah menjanjikan matahari tanpa mendung,kabut dan bahkan hujan badai. Tapi percayalah bahwa Allah SWT memberikan kita kita kekuatan, cita-cita dan cinta untuk menjalani hidup dan kerja keras untuk menjalani hidup dan kerja keras selalu maju. Yakinlah, usai kabut matahari akan bersinar terang, kehidupan akan terjaga kembali. Tad ada istilah gagal yang ada adalah bahwa anda sedang dalam proses menjemput kesuksesan.

Sebuah perubahan merupakan anjuran dari Allah SWT sebagaimana sabdanya "Allah SWT tidak akan merubah nasib seseorang sehingga dia mau merobahnya sendiri" jadi jelas bahwa perubahan mesti kita lakukan tentunya untuk hal-hal yang positif yang berlandaskan kaidah-kaidah serta ketentuan yang telah dianjurkan oleh Allah SWT umpamanya mina dzulumati ila nurr  dari prilaku
nya atau kata lain perubahan itu adalah hijrah. Seseorang bertanya pada seorang kiai dalam sebuah pengajian rutin pertanyaannya sederhana tetapi mengandung makna filosofi yang mendalam pertanyaannya adalah "pa kiai yang saya hormati manakah paling yang paling bermakna dari sebuah gelas apakah gelsnya atau isinya?" Lalu kiai tersebut menjawab "pertanyaan yang sangat bagus sekali" itu adalah perumpamaan manusia, itulah sejatinya sebuah gelas kalaulah gelas itu dituangkan kopi maka disebut segelas kopi dan jika gelas itu dituangkan racun mala disebut juga segelas racun.

Perumpamaan di atas adalah gambaran bagi kita, terkadang manusia hanya menampilkan kamuplase (munafik) belaka contohnya didepan bermuka manis dibelakang bermuka durjana, terkadang kita juga terpukau dengan penampilan seseorang padahal sesungguhnya tidak demikian atau sebaliknya, padahal hakikat Allah menciptakan manusia ke alam dunia ini dengan sebaik-baiknya penciptaan sebagai mana Allah SWT berfirman "telah aku jadikan manusia dengan sebaik-baiknya penciptaan". maka dari itu mari kita manfaatkan yang Allah SWT titipkan kepada kita serta kita manfaatkan karena itu semua pasti ada hikmahnya.

Kita harus menontoh seperti lebah, kecil tapi menghasilkan madu dalam diri lebah itu sendiri pertama : Lebah dalam mencari makan tidak sembarangan, lebah pasti hinggap dipupik bunga yang sedang merekah artinya yang segar, apa makna yang terkandung didalamnya yang berlaku untuk manusia, manusia dianjurkan oleh Allah SWT untuk mencari rezki di muka bumi ini dengan cara yang baik atau kata lain dengan mencari rezki yang halal dan baik pula, kedua kotoran lebah pasti mengandung madu yang diburu oleh manusia di alam dunia ini artinya bahwa kita selaku manusia harus memberikan manfaat untuk sesama kita dan yang lainnya sebagaimana rasulullah SAW bersabda yang artinya "sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri" (HR.Buhori Muslim), ketiga lebah apa bila di ganggu akan marah dan senjata ampuhnya adalah menyengat, sengatannya ini mengandung racun dan apabila terkena kulit apa saja pasti akan memar dan membengkak, apabila lebah menyengat dan akan meninggalkan serumnya maka dengan sendirinya lebah itu sendiri akan mati.

 Apa maknanya manusia mempunya nafsu amarah yang tinggi maka redamlah amarah kita dengan senantiasa bertawakal serta berserah diri kepada Allah SWT serta keberadaan kita harus bermanfaat untuk yang lainnya sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya "sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri" sebagai mana pepatah bijak mengatakan gajah mati meninggalkan gadingnya, harimau mati meninggalkan lorengnya dan manusia meninggalkan amal dan budi pekertinya "maka" berani hidup tak takut mati, takut mati jangan hidup, sekali hidup hiduplah yang berati dan penuh makna serta hiduplh yang mulia atau mati dalam keadaan syahid".

"Perubahan adalah langkah Awal menuju kesuksesan. Bagi orang yang ingin selalu maju, tak ada istilah berhenti. Karena berhenti berarti mati. Maka tak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan. Kesuksesan adalah milik orang-orang yang mau selalu berubah dan bergerak menuju titik yang lebih baik. Kesuksesan adalah milik orang yang berani gagal, maka berani sukses mesti berani gagal".

Sumber Inspirasi : Media Pembinaan (Moh.Rifai'i.S.Hum,Stap Bag Hukum dan KUB kanwil Kemenag Prov. Jabar).

Baca Artikel terkait dari Inspirasi :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar