--> Skip to main content

Mengenal Jenis Daun-Daunan Yang Paling Baik Untuk Karangan Bunga

Mengenal Jenis Daun-Daunan Yang Paling Baik Untuk Karangan Bunga - Sanseviera ("serdadu baris") untuk karangan bunga. Karangan dilengkapi dengan daun-daunan nampaknya lebih indah. Sanseviera laurentii  (N.E.Br.) De Wild banyak dipakai untuk menghias karangan bunga, Warna daun sanseviera laurentii (N.E.Br.) De Wild. bergaris-garis membujur, hijau tua atas dasar hijau muda dengan garis kuning pada pinggirnya dan jenis lain yaitu sanseviera trifasciata Prain, Warna daunnya bergaris-garis membujur, hijau tua atas dasar hijau muda.

Mengenal Jenis Daun-Daunan Yang Paling Baik Untuk Karangan Bunga
Pot ditanami Sanseviera Laurentii (N.E. Br) De Wild.
Sansevieri selain dapat digunakan untuk daun karangan bunga dapat juga dijadikan pot perhiasan da dalam kamar atau di halaman rumah. Tumbuhan ini adalah tanaman yang paling mudah untuk dipelihara di dalam kamar. Kuat, umurnya panjang (lihat gambar diatas).
      Daun-Daunan yang mempunyai warna macam-maam dapat digunakan untuk mempertinggi keindahan karangan bunga. 

1. Caladium bicolor (Ait) Vent
       Tanaman perhiasan ini sudah lama dipelihara di Indonesia berasal dari Amerika Selatan. Jenisnya seperti talas, ia mempunyai umbi yang digunakan untuk bibit. Daunnya ada yang bentuk jantung, bulat telur dan kadang-kadang bentuk panah. Warna daun kesumba (dadu) sedang tepinya berwarna hijau. Tanaman ini dapat dipelihara di petakan bunga agak kelindungan dan yang langsung  disinari matahari.Jenis talas ini agak tahan kepanasan. Baik di tanah datar maupun di pegunungan ia tumbuhnya subur. Talas itu menghendaki tanah yang gemuk dan digemburkan. Untuk jenis Talas itu tanah tidak perlu dicangkuldalam. Jenis-jenis Talas yang tumbuh sebagai tanaman liar terdapat di tegal-tegal dan di bawah rumpun Bambu.

Mengenal Jenis Daun-Daunan Yang Paling Baik Untuk Karangan Bunga 
Dua jenis talas yang berbeda di kebunpinggir rumah.
2.  Cana Indica, ("Bunga Tasbeh").
      Bunga Tasbeh, adalah tumbuh-tumbuhan/termasuk famili Canaceae. Bunganya indah, berwarna bagus seperti: kuning tua, kuning belerang, oranye (jingga), merah, kuning berbintik-bintik merah. Bunga itu baik disimpan dalam jambangan atau karangan bunga. Peemeliharaannya mudah, Bunga dari jenis-jenis Canna dulu bentuknya tidak sebesar dan sebagus bunga tasbeh sekarang yang diperoleh dari persilangan antara jenis-jenis. Bunga Tasbeh sekarang bentuknya lebih bagus. Karena bunga tasbeh banyak jenisnya ada yang berbatang tinggi, ada yang rendah. Begitu pula warna daun dan batang-batangnya. Ada yang berbatang dan berdaun hijau muda, ada yang hijau tua malahan ada yang berdaun dan bercabang warna ungu kemerah-merahan.

3. Hemigraphis Colorata 
     Bunga ini di Indonesia banyak sekali dan punya nama berbeda disetiap daerahnya, Sambang keji, Keji beling. Tumbuhan yang rendah ini, adalah tanaman Indonesia asli, daunnya ungu tua, mengkilp sedang urat-urat daun berwarna  abu-abu kehijau-hijauan. Daun bagian bawah warnanya merah anggur. Bunganya kecil berwarna putih keungu-unguan. Tanaman ini mudah dipelihara di tanah rendah dan dipegunungan, di tempat yang disinari matahari . Untuk memperbanyak tanaman diambil setek. Di beberapa tempat di Indonesia, ia ditanam sebagai tanaman tepi. Daun hemigraphis baik digunakan untuk memperitinggi keindahan karangan bunga.

4. Dieffenbbachia dan Aglaonema
    Di sini perlu diterangkan, bedanya antara Dieffenbbachia dan Aglaonema karena kadang-kadang ada orang yang entah sengaja tidak sengaja atau  ia tidak mengetahui. Aglaonema maka kedua jenis tumbuh-tumbuhan itu disebutnya  (dieffenbachia). Bagi orang yang mengetahui dan kenal Aglaonema sudah barang tentu tidak akan menyetujui nama Dieffenbachia diberikan kepada aglaonema karena nyata benar bedanya antara Dieffenbachia dan Aglaonema . Dieffenbachia tingginya lebih dari satu meter dan bila pohon Dieffenbachia tidak dipotong  maka tumbuh-tumbuhan itu dapat mencapai tinggi lebih dari dua meter, daunnya besar, tangkai daunnya panjang sedang Aglaonema adalah tanaman rendah, tingginya kurang dari 10 cm. Begitu pula ukuran daun Aglaonema hanya persepuluh (1/10) dari daun Dieffenbachia. Warna daun Dieffenbachia dan daun Aglaonema memang hampir sama yaitu hijau berbintik-bintik putih. Warna inilah yang mungkin menyebabkan orang memberi nama  Dieffenbachia kepada tanaman Aglonema.

Yah demikianlah sedikit wawasan tentang Mengenal Jenis Daun-Daunan Yang Paling Baik Untuk Karangan Bunga, mudah-mudahan tema tersebut semakin menambah wawasan anda dibidang tanama bunga-bungaan, walaupun saya tidak sepenuhnya mengenali jenis-jenis dan nama-nama bunga yang lainnya, tetapi mudah-mudahan saja dengan adanya saling berbagi di blog ini khusnya buat saya dan umumnya untuk anda semakin bertambah pengetahuannya, salam.

Baca Wawasan Lainya :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar