--> Skip to main content

Harga Dedak Di Pasar Naik

Harga Dedak Di Pasar Naik - Dedak adalah salah satu makanan untuk hewan-hewan ternak seperti, ayam, bebek, mentog, ikan dan masih ada lagi yang lainnya. Sementara ini harga dedak/bekatul di pasar melonjak naik yang tadinya Rp.2500, sudah beberapa bulan ini naik menjadi Rp.4000. Sebenarnya, walaupun harga dedak/bekatul naik bagi saya tidak jadi masalah, yang jadi masalhnya yaitu dedak tersebut jarang ada atau susah di cari,Apakah karena akhir-akhir ini stok padi yang di sleep belum ada, lagian padi belum waktunya di panen, sehingga stok padi untuk di slep tidak ada, situasi tersebut sangat mempengaruhi dan berdampak tidak adanya dedak/bekatul di pasar.

Bagi saya dedak ini sangat berarti sekali, karena adanya ayam-ayam kampung yang saya ternak, walaupun tidak banyak tapi lumayan untuk menambah penghasilan apabila saya lagi kepepet. Jumlah ayam yang setiap paginya saya kasih makan dedak kalau nggak salah ada 20 ekor lebih, kalau ditotalkan sama anakannya ada 30 ekor. Ayam-ayam tersebut saya kasih makan dua kali sehari, pagi dan sore, sementara itu berarti kalau saya memberi meraka makan, satu kali habis 1 kg berarti sehari 2 kg. Jadi untuk saya dedak yang saya perlukan dalam seminggu harus ada dedak/bekatul hampir 15 kg.

Harga Dedak Di Pasar Naik
Dedak Satu karung kecil 10 Kg, harga /kg-Rp.4000 - 10x4000 = Rp.40.000
Nah satu karung berat dedak 10 kg, untuk 10 kg hanya bertahan lima hari saja, karena memang setiap harinya harus saya kasih sama ayam-ayam 2 kg perhari. Sebenarnya sih harga segitu tidak terlalu mahal bila di bandingkan dengan harga pakan ayam pabrikan, Namun akhir-akhir ini saya lagi kesusahan dengan dedak/bekatul ini, biasanya saya beli dari tempat penggilingan padi langsung, namun beberapa bulan ini saya beli dari pasar, perbedaan harga pasar dengan langsung dari penggilangan bedanya Rp.1500. Namun bagi saya perbedaan sedikit tidak apa-apa yang penting dedaknya ada uangnya juga ada pasti saya beli, syangkan kalau nggak di beli ayamnya kelaparan.
Baca : "Usaha Mandiri Dengan Cara Ternak Ayam Kampung"

Kalu untuk memberi makan ayam dengan dedak tersebut saya jadwalkan pagi-pagi jam setengah 7 dan sore jam 4. Karena memang kalau lebih atau kurang dari jam yang saya sebutkan tadi saya tidak bisa karena waktunya di pakai diluar. Persiapan membuat pakan ayam dengan menggunakan dedak biasanya saya siapkan denga di campur sedikit nasi atau beras, kalau ada di campur ikan asin dipotong-potong kecil, atau ditambah dengan jagung kering.

Memasak dedak/bekatul untuk ayam
Proses pengolahan dedak/bekatul untuk makan ayam
Cara memasaknya biasa saja cukup dengan menyampurkan dedak dan bahan-bahan lainnya ke dalam wajan sudah diisi air yang sudah mendidih, selanjutnya di aduk-aduk jadi deh, Mauu...he..he..., kalau mau silahkan buat sendiri. Tentunya buat makan ayam dong!. Nah sobatku itulah sedikit info Tentang harga dedak di pasar, yang ternyata dedaknya semakin naik harganya, bukan hanya bahan-bahan pokok yang dibutuhkan oleh kita pakan ayam juga semakin hari semakin ikut naik.

Mohon Maaf apabila postingannya Rada ngawur alias sakacamprung, habis mau posting apa lagi? dari pada nggak posting mending berbagi info saja,Orang lainmah berbagi info tentang harga android dan ipod, inimah harga dedak...wk..wk..wk, biarpun orang yang punya ayam tidak mencari info disini tidak jadi masalah yang penting happy, enjoy, endol takendol-kendol. he..he...Salam [SKP].
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar