--> Skip to main content

Manfaat Kaca Spion Pada Kendaraan Bermotor

Manfaat Kaca Spion Pada Kendaraan Bermotor - sudah lumrah kiranya di setiap kendaraan bermotor ada kaca spion, sebenarnya untuk apa sih Spion itu? Manfaat dan kegunaan spion adalah, untuk menghindari terjadinya crash dengan pengendara motor yang lainnya. Kaca spion ditemukan oleh Elmer Berger. Ia menciptakan kaca spion pada tahun 1911 (searching). Di sebuah kendaraan mobil ataupun Motor, spion salah satu komponen penting selain dari komponen yang lainnya, spion sangat berguna sekali apabila kita mau berbelok kekiri dan kekanan,bahkan ketika kita akan mundur juga. Spion sama pentingnya dengan lampu sen, tapi pernahkah anda berhenti sejenak berpikir tentang siapa dan di mana kaca ini diciptakan? Kembali lagi ke masa lampu tentang siapa/dimana orang pandai penemu kaca spion ini, Kaca spion yang menggunakan kaca reflektif ini di ciptakan oleh seorang pembalap mobil Pada tanggal 30 Mei 1911.

Manfaat Kaca Spion Pada Kendaraan Bermotor
Kaca spion Mobil Sebelah Kanan.
Jadi secara tidak langsung spion adalah salah satu komponen yang diwajibkan untuk setiap kendaraan bermotor, kenapa spion diterapkan pada kendaraan bermotor, alasannya untuk menghindari banyaknya kecelakaan yang disebabkan  laju kendaraan bermotor yang cukup cepat, sehingga spion punya peranan untuk melihat ke belakang dimana kita akan berbelok, Sehingga sipengemudi akan lebih berhati-hati dalam mengendarainya. Seperti yang kita rasakan begitu bermanfaatnya kaca spion sehingga aparat keamanan lalu lintas atau banyak disebut POLANTAS sering melakukan rajia kendaraan, bukan hanya surat-surat kendaraan yang sering diperiksa, kelengkapan komponen termasuk spion yang kadang tidak terpasang, sering jadi masalah bagi kita.

Ada beberapa peraturan yang diwajibkan oleh pihak yang berwenang untuk para pengguna kendaraan bermotor yang harus di patuhi mari kita tengok apa saja perihal yang di utarakan.

Perlengkapan Sepeda Motor yang Harus Dipenuhi oleh Pengendara
  1. Memakai Sarung Tangan
  2. Pentil Ban
  3. Memakai helm SNI
  4. Kaca Spion
  5. Memakai Sepatu
  6. Memakai Jaket
Perihal Peraturan Lalu Lintas Terbaru bagi Pengendara Motor
  • Wajib menyalakan Lampu pada siang dan malam hari (karena makin ramainya pengguna motor yang terkadang suka salip jadi bisa sebagai pertanda bagi pengguna motor/mobil yang lawan arah pada siang hari).
  • Dilarang Merokok saat mengendarai Motor (agar pengguna motor fokus/konsentrasi dengan motornya, apalagi I’m not smoker jadi gak masalah..hehe :D).
  • Dilarang Merubah Plat Motor anda (masih belum jelas alasannya).
  • Dilarang memakai/menggunakan Lampu yang berwarna (merah, hijau, kuning, putih), lampu harus sesuai Standar Pabrik (agar lebih tertib).
  • Bagi Pengendara Motor, Nama di STNK dan SIM harus sesuai dengan Nama yang bersangkutan, apabila Beda dan belum Balik Nama akan didenda sebesar Rp 500.000 (untuk yg ini belum 100%) (masih belum jelas alasannya).
  • Dilarang mendengarkan musik saat mengendarai Motor (agar pengguna motor bisa mendengarkan klakson dan lainnya).
  • Dilarang menerima telepon saat mengendarai Motor (agar pengguna motor fokus dalam mengendarai motor, tidak oleng).
  • Dilarang memakai sandal saat mengendarai Motor (masih belum jelas alasannya).
  • Dilarang merubah Warna Motor dan harus sesuai dengan Warna di STNK (masih belum jelas alasannya).
Anda perhatikan kaca spion, kaca spion sudah jadi barang wajib untuk diterapkan pada sebuah kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor, Bahkan tidak jarang sepeda,delman, becak juga banyak yang memakai spion. Nah maka dari itu dengan semestinya apabila anda mempunyai kendaraan jangan lupa untuk memasang kaca spion ok.
Ok begitulah artikel saya kali ini tentang ("Manfaat Kaca Spion Pada Kendaraan Bermotor"). Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Dan untuk pihak sumber yang sudah saya kaiktan artikelnya disini dengan ditulis ulang, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih. Salam [SKP]
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar