--> Skip to main content

Fenomena Gerhana Matahari Total Di Tasikmalaya

Fenomena Gerhana Matahari Total Di Tasikmalaya - Tanggal 9 Maret 2016 tepatnya hari rabu, jam -+ 7 pagi, fenomena alam yang langka ini sempat diabadikan oleh kami melalaui kamera ponsel, walaupun daerah Tasikmalaya tidak termasuk daerah yang di lewati gerhana, namun keindahan yang di hasilkan dari fenomena alam langka ini sungguh sangat indah, ada beberapa wilayah dan provinsi di Indonesia dapat melihat fenomenya langsung di tempat. Kejadian alam ini juga bisa disaksikan oleh seluruh rakyat di indonesia, walaupun hanya sebagian daerah dan provinsi di lewati, fenomena ini juga bisa di lihat oleh daerah-daerah yang tidak terlewati, dari daerah tersebut kita bisa melihatnya walaupun hanya seperti hari menjelang sore, kejadian gerhana matahari ini dirasakan dimana admin berada yaitu di Tasikmalaya. Ada banyak mitos yang masih beredar di masyarakat indonesia tentang terjadinya fenomena gerhana matahari total ini, di antaranya : ("Gerhana Matahari menurut mitos di indonesia salah satunya adalah Batara karang melahap Matahari, maka dari itu Masyarakt yang melihat kejadian ini di wajibkan untuk memukul kentongan supaya matahari di muntahkan kembali oleh sang batara karang "). Untuk Mitos Modernnya ialah (" Tidak boleh memandang matahari secara langsung, bukan berarti dilarang untuk melihat keindahan fenomena alam yang terjadi, memang benar adanya"). Jadi untuk anda semua dengan mitos modern, itu memang benar adanya, jadi kalau ingin menyaksikan fenomena gerhana matahari ini anda diwajibkan memakai kaca mata hitam yang sudah di tentukan.

Penomena gerhana ini dimasyarakat Sunda banyak dikenal dengan sebutan "Samagaha", termasuk di mana admin berada, ada cara lain untuk anda yang ingin menyaksikan langsung dengan tanpa kaca mata, yaitu dengan cara membuatnya. cara membuatnya sangat sederhana sekali, anda cukup menyediakan "kaca dan lilin". Cara membuatnya pegang kaca dan nyalakan lilin, setelah keduanya siap anda cukup mengambil asap yang di hasilkan dari api lilin dengn di tadah dengan kaca, kalau kacanya sudah mulai hitam dengan asap tadi berarti sudah bisa digunakan, itulah cara sederhana membuat kaca untuk melihat gerhana Matahari ini. Dan ini ada satu jepretan melalui kamera handphonedengan perantara kaca yang terbuat dari asap lilin.

Fenomena Gerhana Matahari Total Di Tasikmalaya
ilustrasi gerhana matahari. Di lihat melalui handphone melalui kaca hitamyang memakai Asap lilin.
Itulah hasil yang di dapatkan, dan fenomena alam gerhana matahari ini sempat juga di abadikan lewat kamera Apel tablet, hasilnya lebih real terlihat dengan jelas, katanya ini di ambil didaerahnya, entah benar entah gambar dapet nyomot, coba kita lihat gambarnya.

Fenomena Gerhana Matahari Total Di Tasikmalaya
Hasil jepretan kamera Apel.
Ok itulah sedikit cerita dari saya, yang mungkin kejadian ini dirasakan oleh masyarakat yang ada di Indonesia, saya kira sampai disini dulu artikel yang saya tulis kali ini yang membawakan tema ("Fenomena Gerhana Matahari Total Di Tasikmalaya"). Mudah-mudahan info ini bermanfaat bagi kita semua. Salam [SKP]

Baca Artikel Yang Terkait Tentang Alam :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar