--> Skip to main content

Kegunaan dan Serba-Serbi Tentang Bunga.

Kegunaan dan Serba-Serbi Tentang Bunga.. Seperti umun telah maklum bunga-bunga mempunyai aneka warna. Warna bunga itu ada fungsinya sebagai daya penarik serangga aupaya mereka singgah untuk melakukan penyerbukan. Serangga yang melihat waerna bunga, terus maenghampiri bunga itu. Kemudian mereka cari madu. Waktu mencari madu kakinya menyentuh-nyentuh tepungsari  dan tepungsari melekat pada kakinya. Kakinya yang bertepungsari itu kena  ke kepala putik bunga. Maka dengan tidak disengajanya tepungsari (tepung serbuk) melekat ke kepala putik. Terjadilah hukum alam : bunga menjadi buah. Selain serangga-serangga juga manusia tertarik oleh keindahan warna bunga dan mereka menjadikan bunga-bunga sebagai alat perhiasan untuk menyedapkan pemandangan, baik dipekarangan maupun di taman menanamnya bunga-bungaan atau bunga-bunga itu di simpan dalam jambangan untuk mengiasi meja kamar. Warna bunga menggerakan tangan pelukis untuk mengabadikan keindahan warna, bentuk, corak beraneka bunga di kanvas , atau kertasnya. Begitu pula penmyair-penyair dengan kalam nya menyusun gubahan rangkaian syair atau sajak untuk memuja keindahannya bunga-bunga.

  Warna-warna bunga yang dapat berubah (sebagai cintih : warna kuncup bunga yang mula-mula hijau kekuning-kuningan berubah menjadi warna yang lebih bagus bila kuncup itu mekar njadi bunga) disebabkan oleh sesuatu zat kimia  yang ada dalam bunga. Epolusi ("evolutie") warna pada bunga-bunga semuanya melaluli proses yang ditunjukan alam dengan seksama dan teratur.

Kegunaan dan Serba-Serbi Tentang Bunga.
image By: Sakacamprung

  "lets but not least" bagi seorang penyusun karangan bunga harus mempelajari tentang warna seperti : perhubungan dan tujuan karangan, harmoni warna, warna primair, warna sekundair, warna tertair, warna quartair, (warna-warna kontras warna komplementair). warna-warna analoog, beda warna intensitet warna, tampang warna, warna pastel, warna panas, dingin dan netral dan yang paling penting ialah warna spektrum. kombinasi warna dan penempatan warna.

Kegunaan dan Serba-Serbi Tentang Bunga.
Ilustrasi Bunga image By : Sakacamprung

Bunga dan corak (motief) batik.
Bukan saja sekarang masyarakat indonesia menggemari bunga tetapi dari dulu mereka telah tertarik oleh warna dan kecantikan bunga-bunga. Buktinya bila kita melihat corak-corak (motif-motief) batik asli dari zam dahulu keluaran indonesia di museum-museum, maka bunga dan daun-daunan diabadikannya di kain-kain, walaupun digambarnya secara "decoratief" namun kita akan mengenalnya bunga apa yang mereka gambar.

Sedikit tentang nama-nama corak batik asli
   Batik kembang gambir. Corak batik ini melukiskan bunga gambir(jasminum gradflorum). Bunga yang haru8m baunya dan dipelihara sebagai tanaman perhisan di pekarangan. Batik kembang ketongkeng. Bunga tongkeng berwarna  kuning kehijau-hijauan, harum baunya. Bunga ini dalam bahasa latinnya pergularia Odoratissima Sm. Batik kembang kanikir,. Kenikir  salah satu tanaman perhisan yang mudah dipelihara menjadi perhiasan taman-taman dan pekarangan dan oleh tukang batik zaman dahulu digunakan sebagai contoh untuk  menghiasi batik. Nama  Latin dari bunga itu ialah tagetes erecta L. Batik nagasari. Corak batik ini yaitu  kotak-kotak dihiasi dengan bunga nagasari (Mesua ferra L). Semak yang cabangnya berduri, berbunga , berbunga kecil tapi harum, warnanya kuning, dipelihara orang sebagai tanaman pagar atau tanaman perhiasan. Buahnya bentuk polong. Biji-biji dari buah polong yang telah masak dipohon dapat diambil  minyaknya untuk digunakan sebagai pomade dengan maksud supaya tumbuhnya rambut subur dan berwarna hitam. Batik wora-wari rumpuk.  kembang wora-wari atau kembang sepatu yang dikenal; umum . Nama dalam bahasa latinnya Hibiscus rosa sinensis Lin.

Nah sobatku di manapaun berada pencari info semua, itulah sedikit tautan untuk serba-serbi tentang bunga, ternyata bunga-bunga yang kalau sepintas kita lihat hanyalah penghiasn saja ternyata orang-orang dulu bunga-bunga dan daun-daun dijadikan simbol untuk anak cucunya melalui setets tinta di ats kain, mereka mnyadari bahwasanya bunga dan daun ada banyak arti didalamnya, ok saya kira sampai disini dulu artikel tentang "Kegunaan dan Serba-Serbi Tentang Bunga" mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda semua.Salam [SKP]
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar