--> Skip to main content

Cara Sederhana Memperbaiki Remote Elektronik Yang Error

Cara Sederhana Memperbaiki Remote Elektronik Yang Error - Remote alat yang berguna untuk mengendalikan perangkat yang berhubungan dengan elektronik, misalnya, Tv, radio, vcd, dvd, mobil, motor, dan mainan anak-anak dan menggunakan penghubung remote, remote menggunakan sistem kendali jarak jauh yang sudah diprotek dengan menggunakan sebuah komponen dan memancarkan signal, signal ini gunanya untuk menghantarkan perintah yang sudah terfrogram di dalam perangkat tersebut. Seperti jaman sekarang kita sudah pasti tahu, banyak sudah peralatan elektronik yang menggunakan media ini, semua perangkat yang menggunakan remote, sudah barang tentu akan kesulitan apabila terjadi kerusakan, disini kami akan memberikan sedikit tips cara memperbaiki remote yang error, maksud dari error disini yaitu tidak mati. Adapun kalau mati, sebetulnya mudah saja, anda boleh coba dan lihat komponen didalamnya, perhatikan ada beberapa komponen yang harus anda periksa, biasanya jikalau remote error atau mati komponen paling utama yang harus anda ganti yaitu Xtal/kristal yang berwarna orange.

Baiklah di sini saya kan berikan cara sederhan memperbaiki remote tv, radio, mainan anak-anak, motor, mobil, vcd, dvd, dan masih banyak lagi barang elektronik yang menggunakan remote.

Cara Sederhana Memperbaiki Remote Elektronik Yang Error

Langkah cara sederhana memperbaiki remote error atau mati yaitu:

  1. Cek kondisi battre
  2. Cek kondisi lapisan karet tombol
  3. cek lampu pemancar sinyal
  4. Cek xtal / kristal
  5. Cek PCB bord remote.
Cek kondisi battre, coba ingat sudah berapa lama battre remote dari mulai anda menggunakan hingga terjadi error atau tidak berpungsi, bila perlu coba ganti keduanya. Kalu sudah Anda ganti masih saja tidak berpungsi, bersihkan konektor logam yang terhubung dengan battre siapa tahu berkarat. Kalau sudah sekiranya dicek coba masukan ulang dan coba kembali gunakan remote tadi, dan apabila masih tetap tidak berpungsi lanjut ke cek lapisan karet tombol, caranya anda buka dan bersihkan menggunakan kuku satu-persatu hingga semuanya bersih. Kalau dirasa menurut anda sudah bersih pasang kembali, coba test sekali lagi, kalau masih saja tetap tidak berpungsi, ulangi kembali membongkar remotenya, langkah selanjutnya yaitu mengecek lampu sinyal yang berguna untuk penghantar ke sensor yang ada di perangkat, dengan cara mengukurnya memakai multimeter / avo meter pastikan lampu tesebut masih hidup atau apabila diukur masih nyambung, tetapi untuk lampu remote biasanya jarang sekali mati.

Kalau semua cara diatas sudah anda lakukan dan remote anda masih juga tidak berpungsi, berarti anda terpaksa bongkar kembali remote-nya, untuk selanjutnya coba anda ganti Xtal/ kristal, biasanya kristal tersebut berbentuk persegi kecil dengan warna orange, coba anda ganti dengan komponen kristal dari remote yang bekas atau anda bisa membelinya di toko komponen elektronik. Kalau semua petunjuk disini sudah di gugu/ diikuti, masih juga belum berpungsi cek kembali semua komponennya siapa tahu ada solderannya yang kurang nempel, kalau sudah semuanya dikerjakan masih juga error...berarti remotenya gelo/edan, lempar saja ke tukang ronsokan ganti beli lagi yang baru...ribet amat sih, he...he...., selesai. Oh iya misalnya remote anda erorrnya hanya satu dua atau tiga tombol itu mah gampang buka saja, siapkan penghapus nah kalu sudah terbuka bersihkan permukaan antara karet tombol dan PCB disitu anda kan melihat banyak sekali jalur yang terhubung antara satu dengan yang lainnya, untuk membersihkannya, ambil penghapus tadi dan gosokan saja kepermukaan jalur tersebut dengan catatan perlahan-lahan dan berhati-hatilah, karena jalur tersebut rentan putus. 

Nah itu dia sedikit tips "Cara Sederhana Memperbaiki Remote Elektronik Yang Error," mudah-mudahn tips ini bermanfaat bagi anda semua. Salam
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar