--> Skip to main content

Mengenal Alat-Alat Untuk Belajar Service Elektronik

Mengenal Alat-Alat Untuk Belajar Service Elektronik- Selamat pagi sahabat blogger, Kalau berbicara tentang elektronik, bagi saya memang sudah makanan harian. Dibilang suka saya memng hobinya, selaing jadi penulis blog saya juga suka sekali ngoprek elektronik, banyak sekali alat-alat elektronik yang sudah berbaur dengan kehidupan kita sehari-hari, mulai dari peralatan rumah tangga sampai dengan peralatan tukang kebun. Biasanya peralatan elektronik rumah tangga kadang suka mengalami kerusakan, ringan maupun berat. Ada kalanya kita sering kebingungan untuk memperbaikinya di karenakan tukang service jauh bahkan tidak ada. Untuk menghadapi masalah tadi tidak ada salahnya anda untuk mencoba memperbaiki peralatan elektronik tersebut, tetapi untuk melakukannya mungkin anda tidak tahu apa yang harus di lakukan, karena anda tidak siap/tidak tahu alat apa saja yang harus dipersiapkan. Tenang saja, karena disini saya akan memberi tahu, tentang jenis nama alat-alat untuk belajar service sendiri satu persatu. Namun perlu anda ketahui juga,untuk mengetahui jenis kerusakan perabotan elektronik, anda harus berhati-hati melakukannya, karena alat yang berhubungan dengan listrik lumayan berbahaya.

Baca juga :


Baiklah supaya anda jadi tahu,inilah beberapa alat untuk persediaan di rumah apabila suatu waktu ada barang elektronik anda yang rusak, baik itu tv,radio,handphone,pemanas air,kulkas,blender atau bisa juga motor dan mobil anda, karena semua peralatan ini berhubungan dengan kelistrikan. Kerusakan alat elektronik bisa di akibatkan dari berbagai faktor dan jenis kerusakannyapun bervariatif baik akibat kena air ataupun korsleting listrik, Baiklah ini dia macam-macam nama alat untuk service elektronik yang perlu anda ketahui.

Mengenal Alat-Alat Untuk Belajar Service Elektronik
gambar alat-alat service elektronik image by: sakacamprung
 Jenis-jenis alat untuk servie elektronik
  1. Solder
  2. Sedotan Tinol
  3. Multi tester/Avo meter
  4. Plux/pasta pengkilap tinol
  5. Bor Mini
  6. Lem, lem bakar dan lem biasa
  7. Lakban/solasiban
  8. Obeng/drei
  9. Pisau kater pisau lipat
  10. Tang Potong,tang cucut.
  11. Kaca pembesar/lup
  12. gunting
  13. Pingset
Keterangan Dan kegunaan Alat
  1. Solder, gunanya untuk melekatkan tinol/timah ke komponen elektronik
  2. Sedotan tinol, gunanya untuk menyedot timah yang yang nempel dan dibuang dengan cara disedot
  3. Multi tester/avo meter, gunanya untuk mengukur komponen mati atau hidup,kabel putus, voltase listrik, AC/DC.
  4. Plux adalah cairan untuk mencairkan supaya timah/tinol tidak kusam, biar hasil solderan mengkilap.
  5. Bor mini, untuk melobangi.
  6. lem, untuk ngelem
  7. Lakban/solasiban, untuk membungkus sambungan
  8. Obeng untuk membuka baut,ngetrim terutama untuk trimpot setrum.
  9. tespent/obeng untuk cek setrum AC
  10. Pisau kater, untuk membersihkan jalur apabila ada yang retak.
  11. Tang potong, untuk memotong , tang cucut untuk memasang emur yang sulit di jangkau tangan.
  12. Gunting, untuk memotong.
  13. Pingset untuk memasang komponen kecil yang tidak bisa di pegang.
  14. Kaca Pembesar/ lup, untuk melihat komponen atau tulisan kecil yang berada di komponen.
Nah itulah beberapa macam nama alat yang berhubungan dengan service elektronik, artikel ini saya tulis sengaja untuk anda, supaya menjadi tahu dan memberi wawasan baru, jenis alat apa yang harus ada apabila anda mempunyai alat elektronik anda mengalami kerusakan,ringan, kalau kira-kira kerusakannya tidak mampu di perbaiki sendiri, sebaiknya anda bawa saja ke tukang service yang berpengalamandan terpercaya, supaya hasilnya memuaskan, dan apabila anda keukeuh saja mau mencoba merefarasi sendiri tidak apa-apa, dengan catatan anda berhati-hati melakukannya, Ok saya kira sampai disini dulu artikel tentang "Mengenal Alat Untuk Belajar Service Elektronik"mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda dan bermanfaat untuk semua pengunjung blog, intinya segala sesuatu pasti bisa anda lakukan, kalau mau mencoba ,bisa karena biasa. Salam [SKP].
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar