--> Skip to main content

Cara Membuat Persemaian Untuk Bunga-Bunga

Cara Membuat Persemaian Untuk Bunga-Bunga - Cari tempat yang tidak kelindungi. Tanahnya setelah dicangkul dalam dicampur pasir, pupuk kandang, atau kompos. Kemudian digemburkan dan seterusnya tanah itu dibikin tinggi dari tanah sekitarnya. Di atas persemaian itu dipasang atap. Atap itu dipasang tinggi sebelah. Atap itu digunakan untuk sementara melindungi bibit-bibit kecil dari cahaya matahari yang panas. Bila bibit-bibit itu tumbuhnya baik dan berdaun 4 helai maka atap itu berangsur-angsur dikurangi supaya bibit-bibit itu mendapat cahaya matahaari. Persemaian itu dipelihara baik-baik, disiram.

Memindahkan Bibit.
Bila telah datang waktunya untuk memindahkan bibit ke pekarangan maka persemaian itu disiram dahulu dengan air sampai basah betul, kemudian bibit itudigali dengan tanahnya sedikit supaya akarnya tidak putus. Menanam tananman yang baru dipindahkan diberi tudung dari pelapah batang pisang seperti banyak dilakukan oleh petani tembakau atau terong.

Cara Membuat Persemaian Untuk Bunga-Bunga
Cara Membuat Persemaian Bunga Image By : Sakaamprung
Memilih Bibit
Untuk bibit diambil biji-biji dari buah-buah yang cukup umur dari tumbuh-tumbuhan yang hidupnya subur, berbunga banyak. Begitu pula untuk memilih stek, cangkok, harus dipilih tanaman-tanaman yang berbunganya lebat, tumbuhnya subur.

Menabur biji
Menanam  biji jangan terlalu dalam. Dalamnya cukup setebal biji. Biji-biji dapat ditaburkan di seluruh petak yang berjejer. menebar biji berjejer berarti menghemat biji. Mudah membersihkan petakan dari rumput-rumput. Biji bunga yang halus seperti biji Sutra bombai (portulaa grandiflora), daun tolod (Isotoma longiflora Mil) presl. dan lain-lain, hendaknya dicampur pasir atu tepung arang supaya waktu biji-biji iti ditaburkan jatuhnya merata tidak berkelompok. Juga biji yang halus itu tidak usah ditimbun tanah. Cukup  biji-biji itu ditekan perlahan-lahan dengan tangan atau papan tipis. Bila tidak turun hujan persemaian itu disiram memakai penyiram yang berlobang kecil-kecil.

Memili setek
Untuk setek diambil dari semak )pohon kecil), dipilih cabang yang belum berkayu terlampau keras, panjang setek 5 - 10 cm. Semak yang akan diambil seteknya hidupnya subur, berbunga bagus serta lebat. Setek itu dipotong dengan pisau yang tajam dekat daun sebab si situ bnjaga erkumpul makanan cadangan yang terbanyak. Di situlah mudah akan terjadi akar.

Sebelum setek ditanam daunyang di bawah sekali dan daun-daun di atasnya separo dibuang supaya kurang air menguap. Setek tumbuhan yang batangnya lunak karena mengandung banyak air dikeringkan setengah jam lamanya sebelum ditanam untuk  menjaga supaya tidak mudah menjadi busuk.
Sebaiknya menanam setek-setek di dalam pot yang berisi pasir. Untuk memudahkan air siraman mengalir ke luar pot sebelumnya pot diisi pasir diletakan lapisan pecahan genting di dalam pot.
   Mula-mula pot yang ditanami setek ditaruh di tempat yan teduh dan bila setek kelihatan tumbuh dipindahkan  ke tempat yang pagi-pagi disinari matahari. Setek-setek yang sudah tumbuh berakar dan berdaun banyak dapat dipindahkan di pekarangan atau dipetakan bunga.
Ada juga beberapa macam tumbuh-tumbuhan yang dapat diperbanyak kan dengan setek daun seperti saint paulia, sosor bebek, Begonia sanse viera.

Mengoyak, mengoyak yaitu membagi-bagi rumpun induk tanaman. Bunga tasbih, Gandasuli dan banyak lain-lain lagi adalah tumbuhan yang berumpun dapat diperbanyak dengan mengoyak.
Menyangkok
Yang biasanya dicangkok orang yaitu semak-semak perhiasan yang batang-batangnya berkayu seperti : Bunga mawa, kemuning, Congea, bougainvillea, nerium indicum Mill., Soka dan banyak lain-lain lagi. Untuk cangkopk dipilih cabang-cabang yang berdiri tegak dari tanaman yang tumbuhnya  subur berbunga banyak. Kulit cabang sekelilingnya dikerik 3 - 5 cm. Sesudah kulit itu dilepaskan, lapisan lendir yang ada di bawah kulit dikerik. Kemudian cabang yang dibersihkan dari kulit dan lapisan lendir dilekap diikat dengan tanah yang subur dan gembur dan terus dibungkus dengan ijuk atau sabut kelapa kemudian diikat dengan tali ijuk atau tali yang kuat. Musim hujan adalah waktu yang baik untuk membuat cangkok. angkok itu harus disiram bila tidak turun hujan. Bila kelihatan beberapa akar tersembul di celah-celah sabut pembungkus cangkok itu dapat dipotong di sebelah sabut pembungkus, Sekian artikel tentang " Cara Membuat Persemaian Untuk Bunga-Bunga" ini bermanfaat bagi anda semua. Salam Sumber insfirasi terkait dari buku indonesia membangun.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar