--> Skip to main content

Cara Memanfaatkan Halaman Rumah Yang Kurang Produktif

Memanfaatkan Halaman Rumah Yang Kurang Produktif - Anda punya halaman rumah yang kurang productive? di depan maupun di belakang rumah, sebenarnya kalau kita kreatife dan mau mengerjakan dan mengeluarkan sedikit modal untuk membuatnya, halaman yang tadinya tidak terpakai akan menjadi bermanfaat apabila kita mengolah dan mengelolanya dengan menjadikannya sebagai lahan yang bermanfaat dan bisa menghasilkan baik untuk di konsumsi atau dijual sehingga bisa menghasilkan sampingan atau tambahan, walaupun tidak dengan berupa uang setidaknya lahan yang tadinya kurang manfaatnya menjadi sebuah lahan yang berguna. Ada banyak cara untuk memanfaatkan lahan atau halaman rumah yang terbengkalai dan tidak produktive, misalnya dengan cara mengolahnya menjadi sebuah kolam, tanaman hias atau tanaman sayuran lainnya, namun untuk sayuran mungkin perlu lahan yang lebih luas, disini kita akan membicarakan lahan sedikit yang berada di halaman depan atau belakang rumah kita.

Untuk di depan rumah ada baiknya anda menyesuaikan kira-kira bagusnya untuk di jadikan lahan apa, begitu juga dengan lahan yang berada di belakang rumah. Misalnya untuk menyesuaikan lahan depan rumah, anda bisa membuat kolam mini untuk di jadikan tempat ikan hias, atau bisa menjadi sebuah kebun-kebunan untuk bunga-bungaan. "Baca artikel terdahu tentang : Manfaat Dan Faedah Memelihara Bunga Di pekarangan Atau Di Taman".

Cara Memanfaatkan Halaman Rumah Yang Kurang Productive
Ilustrasi Kolam-kolaman ikan hias di depan rumah
Contoh untuk lahan di belakang rumah, kita bisa mempergunakannya sebagai untuk beternak ayam, bebek, atau bisa juga untuk dapur cadangan. Namun untuk halaman belakang rumah ada baiknya anda pergunakan sebagai lahan untuk berternak ayam kampung.
Dengan demikian lahan yang tadinya tidak produktive akan menjadi berguna dan bisa menambah pendapatan kocek kita dengan cara menjual hasil ternak ayam kampung yang kita budidayakan, walaupun sedikit namun setidaknya bisa nambah untuk jajan anak. "Baca : Usaha Mandiri Dengan Cara Ternak Ayam Kampung". 

Seperti contoh yang pernah kita lihat, banyak sekali orang yang memanfaatkan halaman rumahnya menjadi sebuah kolam ikan, walaupun kecil tempatnya namun dengan tangan-tangan terampil tempat kecil sekalipun bisa menjadi pemandangan yang indah dengan sedikit sentuhan "Tukang". ada pula yang mejadikan halaman tersebut sebuah taman indah sehingga bisa menambah seni untuk rumah kita, banyak tanaman yang cocok untuk di tanam di taman yang bisa menambah keindahannya, carilah bunga-bunga yang indah untuk menambah kecantikan taman tersebut. Bunga-bunga yang cocok untuk sebuah taman mini di depan rumah anda bisa dapatkan di penjual-penjual bunga di tempat anda, pilihlah bunga yang cocok untuk di tanam di taman tersebut. Biasanya bunga-bunga yang cocok untuk di tempatkan di taman mini rumah anda banyak sekali diantaranya, perdu, Iris (Iris Pseudacorus), Carrubean Copper Plant (Euphorbia Cotinifolia), Siklok (Agave Attenuata), Nanas Hias (Ananas Comosus), Dracena Tricolor, Bawang Brojol (Zephyranthes Grandiflora), Bambu Buda Belly (Bambusa Tuldoides Ventricosa), Mimosa Silver (Acacia Podalyriifolia).

Memanfaatkan Halaman Rumah Yang Kurang Productive
Ilustrasi taman mini dan kolam mini untuk di tempatkan di depan rumah.
Nama-nama dan jenis tanaman di atas baik sekali untuk taman kecil dinamis yang anda buat. Untuk mengetahui jenis dan rupa nama tanaman di atas anda bisa googling di internet. Nah dengan adanya kolam-kolaman dan taman minimalist di depan rumah, efeknya akan memberi keindahan lebih dari
sebuah kreatifitas dengan sedikit sentuhan tukang decorasi rumah. Selain membuat rumah kita menjadi indah karena keberadaan dua nama di atas aura positive rumah kita akan bertambah, selain itu kolam ikan dan taman minimalist di depan rumah kita, juga ada manfaat yang besar, di antaranya adalah bisa menghilangkan stres, "Baca : Tips Cara Menghilangkan jenuh, Penat, stress, Suntuk Ala Blog Mang Jay".

Apabila anda sudah mulai suntuk anda bisa menghilangkannya dengan merawat kolam dan taman tadi dan insya Allah stres anda akan berkurang bahkan bisa hilang. Nah sahabtku yang ada didunia nyata ataupun di dunia ghaib, itulah sedikit tips "Cara Memanfaatkan Halaman Rumah Yang Kurang Productive", mudah-mudahan tulisan artikel sakacamprung ini bisa menjadi wawasan dan inspirasi untuk anda semua, walaupun tidak berbobot namun setidaknya bisa menjadi ide yang baik untuk anda. Salam [SKP]
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar